بسم الله الرحمن الرحيم

herstory...

just another stories about girl who's trapped in me

ensiklopedia

By 6:44 PM

Iceland and Greenland

Iceland, negara yang pernah menjadi bagian Denmark, sebenarnya sangat hijau. Lebih dari sepertiga permukaannya terdapat gunung berapi aktif dan dipenuhi oleh padang lava. Iceland cukup jauh dari kutub utara untuk dapat tertutupi es, seperti halnya Greenland yang terletak di sebelah baratnya. Magma di bawah permukaan memanaskan batu di atasnyalah yang menyebabkan Iceland tetap hijau. Greenland adalah pulau terbesar di dunia. Berbeda dengan nama yang disandangnya, permukaan Greenland justru tertutupi oleh es.

-------------------

Hewan ke Luar Angkasa

bukan cuma manusia yng pernah ke luar angkasa, bahkan hewanlah yang pertama kali, Laika contohnya, seekor anjing eskimo. Ia dikirim oleh misi angkasa luar Uni Soviet(sekarang Rusia) pada tahun 1957. Kemudian tahun 1958, menyusul Amerika Serikat mengirim dua ekor tikus bernama Laska dan Benjy. Seekor simpanse bernama Ham dikirim pada tahun 1969, juga oleh misi luar angkasa AS. Selanjutnya seekor kucing bernama Feliette dikirim juga ke angkasa luar oleh misi angkasa luar Perancis.

-------------------

Scurvy
Pada tahun 1498, Vasco da Gama berlayar di sekitar Tanjung Harapan. Dalam pelayarannya tersebut, ia kehilangan 60 dari 160 anak buahnya karena penyakit yang dikenal dengan nama scurvy. Orang yang menderita scurvy menunjukkan gejala badannya menjadi lemah, terjadi pendarahan, kulit dan daging membusuk, gigi rontok, dan akhirnya mati. Beberapa abad kemudian seorang dnkter bernama James Lind menemukan bahwa scurvy dapat dicegah jika para pelayar memakan buah jeruk atau asinan. Pada tahun 1932, factor antiscurvy telah dapat diisolasi dari jeruk lemon. Antiscurvy itu adalah asam askorbat yang sekarang dikenal dengan vitamin C.

-------------------

Harakat dan Titik Al Qur'an
Pada masa awal turun, Al Qur'an tidak bertitik dan juga tidak berharakat. Orang yang pertama kali memberi titik dan harakat pada Al Qur'an adalah Abu Al Aswad Ad Duali atas perintah Ziyad bin Ziyad, gubernur kota Bashrah, pada masa pemerintahan Muawiyah bin Abi Sufyan. Hal ini disebabkan banyaknya kaum Ajam yang melafalkan bahasa Arab tetapi tidak fasih sehingga merusak makna yang terkandung dalam Al Qur'an. Kemudian pada masa Dulah Abbasiyah, harakat Al Qur'an yang diletakkan Abu Al Aswad Ad Duali diperbaiki oleh Al Kholil Ibnu Ahmad Al Bashri, dengan menjadikan alif sebagai tamda fathah, wawu sebagai tanda dhammah dan ya' sebagai tanda kasrah. Beliau juga merupakan seorang pelopor ilmu tajwid.

You Might Also Like

0 comments