بسم الله الرحمن الرحيم

herstory...

just another stories about girl who's trapped in me

Masjid Agung Berlapis Tanah Liat

By 5:56 PM


Masjid Djenne terletak di Djenne, sebuah kota tertua di Mali, daerah sub Sahara Afrika. Masjid ini merupakan salah satu masjid berarsitektur unik. Dibangun pada tahun 1240 di masa pemerintahan Sultan Koi Kunboro. Hampir seluruh bangunan masjid dilapisi tanah liat guna menahan panas matahari.

Masjid Agung itu sendiri dari awal dibangun hingga kini mendominasi alun-alun pasar utama di kota tersebut. Masjid tersebut dikonstruksi ulang pada tahun 1906 di bawah pengawasan ahli bangunan bernama Ismaila Traore. Dibangun dari batu bata lumpur yang dikeringkan dengan sinar matahari(ferey). Sementara lapisan luar menggunakan plester juga berbahan dasar lumpur sehingga memberi tampilan halus berkelok, layaknya patung.

Pada tahun 1988, kota tua Djenne dan masjid agungnya diresmikan menjadi situs bersejarah oleh UNESCO. Fasad atau tampang bangunan, menara, serta simbol telur burung unta itu sebenarnya adalah elemen sama yang bisa ditemukan di bentuk rumah-rumah penduduk Djenne. Desain yang membuat masjid agung terlihat sendah hati dan menyatu dengan lingkungan lokal. Jauh sebelum gagasan arsitektur ramah lingkungan yang tanggap iklim setempat, menjadi salah satu isu, terutama terkait pemanasan global, Masjid Agung Djenne telah menerapkan dengan bersahaja.
(sumber: Ensiklopedi Islam, PT Ichtiar Baru Van Hoeve edisi baru 2005)

You Might Also Like

0 comments