بسم الله الرحمن الرحيم

herstory...

just another stories about girl who's trapped in me

Membuat Mie Aceh

By 12:21 PM

I kinda miss telling you a funny yet sad story, bloggie. So this post will be a little bit ridiculous, based on recent incident. And this post will lead you to know my sad story which happened this early morning. It’s about me being attacked by starving epidemic (?)

Oh yeah, I’d like to share a food recipe too anyway.

Berawal dari kelaparan pagi-pagi, and poor me, no meals left—even the leftovers—akhirnya saya ngorek-ngorek dapur, mencari makanan kebanggaan Indonesia: Indomie. Tapi jejaknya pun ngga ada, indomi di rumah saya punah. Sediiihhh.

Berpikir untuk ke Belanda nyari tuh fastfood, tapi kayaknya ngga kreatif banget.

Yaudah akhirnya saya terus berjuang mencari apa yang bisa menjadi teman nasi. Sempet megang-megang tempat garam sih. It seems simple, but no, my prestige refuse to eat the salted rice for breakfast. Blame the prestige yang ga bisa di ajak prihatin. *maaf ya pak SBY*

Sambil terus mengorek-ngorek terus kayak tikus, saya akhirnya menemukan sebuah mi telor cap 3 ayam apa cap 2 telur ya, pokoknya yang itu lah. Haaaaa tapinya mau diapain? Masa’ diseduh terus digaremin lagi sih -,-

Dalam kebingungan—dan kelaparan—yang penuh derita akhirnya ada sms masuk. Ngga nyambung sih, tapi dari situlah saya mendapat ide. Dari sebuah logo search engine yang sudah merakyat kemana-mana alias google yang tampil paling atas di grid menu si nexian.

Emang sih ya, kadang google sering bikin saya sebel. Soalnya kalau nanya sesuatu sama orang, pasti untuk menghindari kesan bodoh karena dia sebenarnya tidak tahu—atau emang dia males menjawab, orang itu akan santainya berkata: tanya aja sama google. Jeez! You never knew how it did kick me!

But it never kick the fact that google is very helping for people like me, indeed.

Oke, balik lagi kepada wabah kelaparan yang saya alami karena kemarin melawan kodrat sebagai orang Indonesia: nggak makan nasi.

Finally I googled and found some noodle recipes that sounds yummy. This is some of those:

  1. Nemu resep mi ayam, tapi kalo itu mendingan beli aja deh, simpel, murah dan ketauan enak. Tapi karena ceritanya saya males keluar—lagipula ngga ada tukang mi ayam pagi-pagi buta—resep mi ayam sudah pasti dihapus dari daftar pencarian.

  2. Nemu resep mie goreng jawa, tapi kemarin udah bikin nasi goreng jawa (yang dinilai 6 sama ayah—yep, he’s really sting with me about that, makanan terenaknya hanya bikinan ibu -,-‘ kemudian nilai 7 dari ibu, dan 9 dari adek hahaha no bullying involved loooh *senyum malaikat*). Jadi bosen banget kalo bikin mi jawa karena semua akan serba Jawa, this is Indonesia, not Javanesia!

  3. Ketiga nemu cara buat mie telur, yang ternyata bener-bener cara membuat mie berikut tips-tipsnya, bukan cara mengolah mie biar bisa dan pantas dimakan -,-

  4. Keempat nemu Mie manis pedas, tapi ngga ada kecap asin dan saus tiram di rumah. Ribet.

  5. Nemu resep pizza mie, tapi bosen banget ngga sih?

  6. Ketemu resep yang gambarnya ajib banget, namanya bola-bola mie apaa gitu, lupa. Pokoknya langsung pupus harapan ketika salah satu bahannya tepung roti dan cornflakes :(
Akhirnya saudara-saudara, saya nemu resep yang lumayan bikin ngiler. Mie Aceh!

Kangen juga makan mie aceh. Mihihi, kebetulan semua bahannya ada di rumah.

But I didn’t just trust the recipe at first sight *halah* So, to make sure of it—the measurement or the ingredients, I compared the recipe in one website to another websites. Soalnya, kalau resep makanan barat gitu kan ngga pake rempah-rempah, dan gampang banget nakarnya. Pokoknya sederhana. Kayak kemarin saya sempet pertama kali bikin farfalle pake saus keju gitu dan bisa dikategorikan sukses. Atau model-model spaghetti gitu kan kalo udah sekali-dua kali buat terus tutup mata juga bisa deh buatnya. Simpel, mudah diingat.

Nah kalau makanan Indonesia itu sesuatu banget yahh. Banyak kunyit dikit, rasanya kayak jamu. Kebanyakan rempah dikit, rasanya kayak minyak angin kakek-kakek. Yah begitulah, dilemma.

Dan benar saja, resep mie aceh yang saya komparasikan memang banyak perbedaan takaran dan bahan-bahan antara web satu dengan yang lain. Yang satu ngga pake jahe, yang lain pake. Yang satu ngga pake ketumbar, yang lain pake. Yang satu pake merica yang lain pake bubuk cabe. Yang satu pake bubuk kari, yang lain ngga pake. Yang satu mienya 250 gram dengan 5 bawang merah, yang lain sekitar 400-500 gram tapi bawangnya cuma pake 6 buah.
Akhirnya saya pake himpunan semesta aja deh: masukin semua!

Untuk takaran, saya pake perasaan hehehe.

So cut the kyaa-kyaaa, this is the recipe:

  • Mie telor 200 gram. Seharusnya kan pake mie basah yang lurus dan tebel-tebel itu ya, tapi yaudah sih sepele. Sama-sama mie ini. Cara menyiasati: mie telornya diseduh dulu, terus dibalurin/diaduk sama minyak sayur dikit aja, sekitar 3-4 sdm. Sebanyak yang dipake kalau ngerebus pasta.

  • 350 cc kaldu sapi. Sekitar 1 ½ gelas belimbing.

  • Daging sapi potong dadu. Ada yang bilang 100 gr, ada yang bilang 200 gr, kalau saya? Sesuai selera. Nah kan kita butuh kaldu sapi juga ya, jadinya daging yang saya pakai sudah di rebus dulu, bukan daging mentah. Lagipula direbus juga untuk menghindari dagingnya keras alias setengah matang. Ngga lucu banget kan itu. Ohya bisa juga pake daging kambing seperti yang biasa dipake di warung Mie Aceh. Atau malah pakai dua-duanya, terus ditambahin udang. Tapi karena orang tua pada alergi udang, jadi memang tidak pernah masak udang, apalagi nyetok udang di kulkas.

  • Kol dan tauge suka-suka, asal jangan kebanyakan aja.

  • 1 buah tomat potong dadu. Suka-suka juga boleh.

  • 2 siung bawang merah, lebih tidak dilarang. Diiris-iris.

  • Daun bawang dan seledri sesuai selera. Kalau saya pakainya masing-masing 1 batang. Diiris-iris.

  • Garam sekitar 1 ½ sdt, merica 1 sdt, bubuk kari 2 sdt, kecap 3 sdm. Bubuk kari yang saya pake cap koepo-koepo :)

Untuk bumbu halusnya
  • 4 cabe merah dan 2 cabe rawit, kalo suka pedes, boleh ditambah.
  • 8 siung bawang merah (ini sebenarnya yang dikupas cuma 5 biji, tapi kenapa jadinya 8 siung -,- )
  • 3 siung bawang putih
  • Kunyit dan jahe, masing-masing sekitar 3 cm.
  • Ketumbar, kapulaga, jinten, biji adas. Nah geng rempah-rempah ini suka-suka banget saya masukinnya hehehe. Kecil-kecil gitu, berasanya dimana coba? Jadi saya kira ngga bakal ngaruh banyak deh ke rasa, makanya semuanya ditakar sesuai selera saya *ketauan amatir* Pokoknya semua sekitar ½ - 1 sdt. Dihaluskan, terus disangrai. Baru dimasukin ke bumbu lainnya yang sudah terlebih dulu di blender. Kapulaganya sebenarnya katanya 4 biji, tapi cuma ada satu, jadinya seadanya deh. Biji adasnya 1 aja. Kalau pakai yang bubuk mungkin ½ sdt.
Terus biar lebih sedaaap, bisa ditambah emping sama acar. Tapi karena laper dan males banget bikin-bikin begituan lagi, saya ngga pakein. Paling cuma tambah jeruk nipis aja di piring.

How to make it out?


Gampang banget ternyata, walau saya harus menahan lapar selama setengah jam. Well, worth it lah sama hasilnya.

Pertama, panasin sekitar 3 sdm minyak. Tumis bumbu halus, bawang merah iris, dan tomat sampai harum. Lagi-lagi, yang namanya harum ini kan relatif ya, jadi suka-suka lagi deh mau sampe kapan numisnya wahaha. Kalau saya paling hanya semenit, terus bahan lainnya dimasukin lagi.

Kedua, masukin daging sapi. Aduk-aduk terus sampai empuk. Lagi-lagi kadar keempukannya kira-kira doang -,- tapi sudah lebih tenang dan gatakut keras karena dagingnya udah direbus dulu.

Ketiga, masukin kol dan tauge. Sebenarnya yah, kalau di resep-resep yang saya dapet, kol sama tauge dimasukin pas akhir-akhir gitu. Tapi biasanya kalo masak mie sama ibu, dimasukinnya awal-awal biar mateng. Jadi saya ber’kiblat’ pada si mami aja deh.

Keempat, masukin kaldu, daun bawang+seledri, garam, merica, bubuk kari, dan kecap. Aduk-aduk bentar, terus ditunggu sampe mendidih dan agak kental. Diicip-icip udah mirip lah sama mie aceh beli. Yay!

Terakhir, masukin mienya. Aduk rata. Sayangnya, pas saya masukin mienya, kuah kaldunya langsung abis gitu :( jadi saran saya kalau suka mie yang berkuah pakainya 450 cc an aja deh, sekitar 2 gelas belimbing.


Jadi deeeeeeh. Siap disikat!



Untuk rasa, yaa 11-12 lah sama yang beli, ngga beda-beda jauh. Paling bedanya karena kaldunya kurang, jadi ngga berkuah. Terus mie yang dipake juga mie telor yang kecil keriting-keriting, bukan mie basah yang gede lurus-lurus *apasih*

Ohya, ini jadinya untuk 4 porsi yaa. Saya bikin sarapan untuk sekeluarga pada akhirnya :)

Over all, I got 6,5 from my dad—again sooo mean and being stingy to me—8 from my mom, and 9 as always from my little bro. And every starving epidemic has it ending :)

Alhamdulillah.

You Might Also Like

0 comments